TECHNOLOGI AND INFORMATION

TEKNOLOGI DAN INFORMASI


BAB I
PENDAHULUAN

Disamping era globalitas yang terus berlari dan teknologi yang terus melesat. Tak ada waktu untuk mengejar bila hanya dengan berjalan di tempat. Semakin pesatnya teknologi itu maka patutlah kita memahami dari akar ataupun sesuatu yang akan menyebabkan perubahan besar tersebut.
Makalah inipun yang bertemakan “Piranti Proses” merupakan landasan atau termasuk kedalam dasar sistem komputer yang sepatutnya telah kita pahami dengan jelas. Pirantiproses atau acapkali disebut dengan proces device yang bermaknakan dengan kata lain,Piranti merupakan alat dan proses adalah sebuah kelangsungan atau mengerjakan sesuatu.Maka, piranti proses dengan kata lain merupakan alat untuk memproses. Dan alat iniialah CPU singkatan dari Central Processing Unit yang merupakan perangkat keras komputeryang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.Yang merupakan alat paling terpenting dari komputer. Karena CPU adalah otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.Dengan begitu, makalah ini akan mengupas tentang piranti proses. Baik dari segimakna atau definisi hingga unsur terpenting dan kegunaan-kegunaan CPU














BAB II

PIRANTI PROSES
Piranti proses adalah perangkat dalam komputer yang digunakan untuk memproses instruksi-instruksi dan data yang dimasukkan melalui piranti masukan (input) yang hasilnya akan ditampilkan melalui piranti keluaran (output).Piranti proses terdiri dari dua bagian penting, yaitu Unit Pemroses Sentral (CentralProcessing Unit/CPU) dan Main Memory.

A.    CPU
            CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak yang dimasukkan melalui piranti masukan. CPU seringkali disebut sebagai prosesor oleh banyak orang. Pada Mikro komputer, prosesor disebut sebagai Mikroprosesor. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikro prosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputeryang melakukan pemerosesan dan operasi perhitungan dan logika terhadap instruksi program yang diberikan ke komputer. Kinerja dari setiap jenis processor bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
1.      Kecepatan Clock 
2.      Lebar register/data bus internal
3.       Lebar data bus eksternal
4.      Kapasitas cache memori (L1 dan L2)

Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz)sampai saat ini sudah ada yang mencapai 3 GHz (Giga Hertz).Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besipenyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu Unit Kontrol (Control Unit/CU) danArithmetic Logic Unit/ALU. Terdapat juga beberapa simpanan kecil dalam CPU yangdisebut Register.

1.      Unit kontrol (Control Unit/CU)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrolkomputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic LogicUnit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagiuntuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU. 
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.


2.      Arithmetic Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan operasi-operasi perhitungan(aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, pengalian dan pembagian. Tugas laindari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika (perbandingan dua buahelemen logika) dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <=, >=.


3.      Register
Registers (jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register) merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.

4.      CPU Interconnections
CPU Interconnection adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU,yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPUyang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

B.     Main Memory
Main memory merupakan simpanan yang kapasitasnya lebih besardibandingkan register. Main memory dibagi menjadi 2 (dua) macam : RAM danR OM. Selain itu terdapat pula memori yang disebut dengan
cache memory.

1.      RAM
Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisadigunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakandari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebu mati, maka semua konten yang ada didalam RAM akan segera hilang secara permanen. Karena RAM bersifat temporerdan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yangsifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondarystorage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atauprogram yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetictape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.
Jenis – jenis RAM
Berdasarkan cara kerja:
1. Dynamic RAM (DRAM)
* Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
* Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
* Synchronous DRAM (SDRAM)
* Rambus DRAM (RDRAM)
* Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
* Untuk video :
- Video RAM (VRAM)
- Windows RAM (WRAM)
- Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
- Static RAM (SRAM)
Berdasarkan Module:
Single Inline Memory Module (SIMM), Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin.Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 danberoperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskanPentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nanosecond) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya makakecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yangharus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDORAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data,dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagidigunakan pada komputer akhir-akhir ini.Double Inline Memory Module (DIMM), Berkapasitas 168 pin, kedua belahmodul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripadaSIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bitpenghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM.Merupakan penganti dari DRAM, FPM (Fast Page Memory) dan EDO.
SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133).RIMM (Rambus), Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yangdibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yangberkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapimempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenalisebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenaldengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 420032-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

Berdasarkan jumlah pin: 30 pin, 72 pin, 168 pin

Berdasarkan kecepatannya (nanosecond) Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1.      FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yangpaling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboardkomputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2.      EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis inimemiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransferdata dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAMadalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu:bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebihdari 66 Mhz
3.      BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangandari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4.      SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenisini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline MemoryModul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5.      RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis inimemiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputerdengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin.Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memilikikecepatan hingga 800 MHz.
6.      DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakankecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini.RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

RAM  terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:
·         data untuk diproses;
·          instruksi atau program, untuk memproses data;
·         data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device,secondary storage atau juga communication device;
·         instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer
Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM yang merupakan memori yang dapatdimasup (di akses), artinya dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.
Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.      Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewatalat input.
2.      Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksiprogram yang akan di proses.
3.      Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah danhasil dari pengolahan.
4.      Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahandata yang akan ditampilkan ke alat outputInput yang dimasukkan lewat alat input, pertama kali ditampung terlebih dahulu diinput storage, bila input tersebut berbentuk program, maka dipindahkan keprogram storage dan bila berbentik data, akan dipindahkan ke working storage.Hasil dari pengolahan juga ditampung di working storage dan hasil yang akanditampilkan ke alat output dipindahkan ke output storage.

RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yangdisimpannya, yang disebut dengan istilah parity check. Bila data hilang atau rusak,dapat diketahui dari sebuah bit tambahan yang disebut dengan parity bit ataucheck bit. Untuk mengerti kapasitas dari RAM, maka beberapa terminologiberikut ini sering digunakan.
·         Bit, yaitu suatu sistem penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari datadalam suatu sistem komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angkayaitu 1 dan 0. Di dalam komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik ataumagnetis adalah tiada atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya.
·         Byte, yaitu suatu grup dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter,satu digit atau satu nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM,dinyatakan di dalam bytes atau sekumpulan dari bytes.
Misalnya 1 byte memory di RAM terdiri dari 8 bit, sebagai parity bit digunakansebuah bit tambahan, sehingga menjadi 9 bit.
Ada dua macam cara yang dilakukan oleh parity check, yaitu PengecekanPariti Genap (even parity check)dan Pengecekan Pariti Ganjil(odd parity check).Even parity check menunjukkan jumlah bit 1 untuk tiap-tiap bit dalam 1 bytebeserta pariti bit harus berjumlah genap(even), kalau berjumlah ganjil berarti adakerusakan data. Misalnya karakter ”C” dalam sistem ASCII 8 bit berbentuk:
Dengan cara even parity check, pada waktu data ini direkam, parity bit diisi bit1 supaya jumlah bit 1 bernilai genap, sebagai berikut:
Pada waktu data tersebut diambil untuk dipergunakan, maka akan dilakukanpengecekan terhadapm bit-bitnya. Kalau ada kerusakan bit, misalnya salah satu bitterganti dari bit 1 menjadi bit 0 atau dari bit 0 menjadi bit 1, maka jumlah bit 1dalam 1 byte tersebut tidak akan berjumlah genap dan akan terdeteksi oleh CPU.
Odd parity check menunjukkan jumlah bit 1 untuk tiap-tiap bit dalam 1 bytebeserta parity bit harus berjumlah ganjil (odd), kalau berjumlah genap berarti adakerusakan data. Misalnya karakter ”C” dalam sistem kode ASCII 8 bit tersebut dengan cara odd parity check seharusnya terekam sebagai berikut:
Kalau jumlah bit 1 dalam 1 byte tersebut tidak berjumlah ganjil, berarti adakesalahan data.







2.      ROM
ROM(Read Only Memory) adalah istilah untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifatini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmwere (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).
Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur/menyiapkan semua peralatan/komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC. persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlumembaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit.
Mask ROM
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip. Halini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlahbanyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena tidak fleksibel. Sebuahperubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi. Aplikasi lain yang mirip dengan ROM adalah CD-ROM prerecorded yangfamiliar dengan kita, salah satunya CDmusik. Berbeda dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis denganlaser,kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan plastik.






3.      Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM,Reynold Johnson di tahun1956.Cakram keraspertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200rpm(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 2TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

4.      Floppy Disk Drive

Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 KB. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yangberukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisidata dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.


5.      CD-ROM drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD).ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yangdapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).
 










Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alatpembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

C.    Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintoshdan biasa disingkat dengan katamobo. Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Berikut adalah bagian-bagian dari Motherboard:
1.      Konektor Power Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard denganpower supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT,casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akanmenancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yangterdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yangmenyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.
2.      Socket atau Slot Prosesor Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Modelpaling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel,AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampaidengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370.Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, dimana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesorIntel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1,sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.
3.      North bridge controller VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuens i533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interfacesystem memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP 1.5Vyang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengankecepatan 4X.
4.      Socket Memori Juga ada dua tipe socket memori yang kini beredar dimasyarakat komputer. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kinibelum banyak pengguna yang memakainya. Socket lama yang masih cukup
5.      populer adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yangkedua memiliki 168 pin modul, yang dirancang satu arah. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karena galur di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM.
6.      Konektor Floppy dan IDE Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan piranti piranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave. Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel? Mudah sekali. Pita kabel IDE memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebut menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 di konektornya. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh komputer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard.
7.      AGP 4X slot port penyelerasi gambar ini mensupport grafik card mode 3.3V/1.5VAGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.
8.      South bridge controller Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, sampai 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.
9.      Standby Power LED Led ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
10.  PCI slots Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s
11.  PS/2 Mouse PortKonektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.
12.  Port Paralel dan Serial 17 Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboardtetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacammacam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lainyang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, portparalel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.
13.  RJ-45 PortPort 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusatnetwork.
14.  Line in jack Jack line in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audiolainnya. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadai bass/tengah.
15.  Line out jack Jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Padamode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.
16.  Microphone jack Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.
17.  USB 2.0 port 1 dan port 2Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
18.  USB 2.0 port 3 dan port 4Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
19.  Video Graphics Adapter PortPort 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel.
20.  Konektor keyboard Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor.










DAFTAR PUSTAKA

fachrifaul. (2010, 11).
Piranti Proses
. Retrieved September 27, 2011,17.23 WIB from AsalBut Simple: http://asalsimple.blogspot.com/2010/11/piranti-proses.html
 Hard Disk 
. (2011, September 15). Retrieved September 29, 2011,13.34 WIB from 
Wikipedia- Ensiklopedia Bebas: http://id.wikipedia.org/wiki/Harddisk 
 ROM 
. (2011, September 14). Retrieved September 29, 2011,13.40 WIB from Wikipedia -Ensiklopedia Bebas: http://id.wikipedia.org/wiki/ROM
Triwahyuni, A. K. (2003).
Pengenalan Teknologi Informasi.
Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Unit Pemroses Sentral
. (2011, September 19). Retrieved September 28, 2011,15.02 WIBfrom Wikipedia - Ensiklopedia Bebas: http://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentra

0 komentar:

Posting Komentar